Tunjang MBKM, Prodi Bahasa Arab FAH UINAM Siap Terapkan Portal Merpati

  • 01 November 2023
  • 10:57 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UINAM siap mendukung implementasi Portal Merpati dalam menunjang 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka'. 


Hal itu diungkapkan Ketua Prodi Baso Pallawagau saat menghadiri sosialisasi Portal Merpati yang digelar Lembaga Penjaminan Mutu di Ruang Rapat Senat, Lantai IV Gedung Rektorat, Kampus II UIN, Rabu (1/11/2023).


"Portal Merpati merupakan langkah konkret dalam mempersiapkan UIN Alauddin Makassar untuk mengimplementasikan MBKM dan berbagai perubahan penting dalam sistem pendidikan tinggi yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang," kata dia.


Baso menjelaskan tujuan konsep MBKM ini untuk memacu mahasiswa dan alumni memiliki kompetensi terkait bakat dan minat. "Serta menjadi link and match kurikulum antara dunia kerja dan kampus," pungkasnya.


Dalam sosialisasi itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UINAM Prof Kamaluddin Abunawas menekankan pentingnya pelaksanaan MBKM. Sebagai, menurutnya MBKM merupakan salah satu inisiatif untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada mahasiswa dalam mengembangkan hard skill dan soft skill. 


"MBKM ini harus dijalankan karena sudah ada perintah UU. Mamfaatnya besar memperoleh kesempatan yang lebih luas untuk mengeksplorasi minat dan bakat selama menjalani pendidikan," kata Prof Kamaluddin.


Aplikasi Merpati ini baru saja diluncurkan oleh Kementerian Agama. Aplikasi tersebut untuk memudahkan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di seluruh Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (PTKIN). UIN Alauddin Makassar menjadi salah satu PTKIN yang telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.