Ketua dan Sekretaris Prodi BSA Hadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan Zakat Dosen UIN Alauddin Makassar

  • 26 Maret 2024
  • 11:20 WITA
  • Administrator
  • Berita

Ketua dan Sekretaris Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) turut berperan dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Zakat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Senat lantai 4 Rektorat UIN Alauddin Makassar pada Selasa, 26 Maret 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pengumpulan zakat di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) UIN Alauddin.

Rapat tersebut dipimpin oleh Rektor UIN Alauddin, Prof. Drs. H. Hamdan Juhannis M.A, Ph.D, yang memberikan pandangan mengenai strategi maksimalisasi UPZ. Hadir pula Wakil Rektor, Kepala Biro, serta Pimpinan dan Dosen dari lingkup UIN Alauddin Makassar.

Dalam rapat tersebut, narasumber Dr. H. Abdul Rauf Amin, Lc, memberikan pemahaman tentang dasar hukum zakat, termasuk kewajiban berzakat yang berdasarkan Al-Quran, Hadis Nabi, Ijtihad Ulama, Fatwa Kontemporer, dan Peraturan Perundang-undangan. 

Rektor Prof. Hamdan menekankan pentingnya partisipasi seluruh civitas akademika UIN Alauddin dalam membayar zakat melalui UPZ, dengan harapan akan dibentuk tim Buzzer Zakat di setiap fakultas untuk mempermudah pengumpulan zakat. UPZ bertujuan untuk memberikan bantuan zakat kepada mahasiswa yang kurang mampu dan kesulitan membayar UKT, sehingga diharapkan dapat mengurangi jumlah mahasiswa yang terhenti kuliah akibat masalah keuangan.


Kehadiran Ketua dan Sekretaris Prodi BSA dalam rapat tersebut menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung program-program sosial dan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh universitas, serta memperkuat peran UKM dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat luas