Ketua Jurusan dan Dosen BSA UIN Alauddin Makassar Kunjungan Budaya di Palembang Bersama IQLAB Indonesia

  • 01 Mei 2024
  • 10:07 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada tanggal 30 April 2024, Dr. Baso Pallawagau, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, serta Dosen Muhammad Sholeh dari UIN Alauddin Makassar, memimpin sebuah eksplorasi budaya yang menginspirasi di kota Palembang. Mereka bergabung dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Ittihad Aqsam Lughah Arabiah wa Adabiha (IQLAB) Indonesia Organisasi yang berfokus pada pengembangan bahasa dan sastra Arab. Bertujuan untuk memperkuat dan mengembangkan kualitas Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, khususnya dalam aspek profil dan kurikulum, serta meningkatkan rekognisi bagi dosen dan mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional

Kunjungan budaya ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang kekayaan serta memperkuat jalinan antarbudaya antara Indonesia dan dunia Arab. Acara ini menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman tentang budaya Arab antara para akademisi, mahasiswa, dan komunitas penggiat bahasa Arab.

Dua mahasiswa asing turut hadir dalam acara tersebut, membawa nuansa internasional yang kental. Salah satunya adalah mahasiswa dari Palestina, sementara yang lain berasal dari Sudan. Kehadiran mereka memberikan dimensi baru dalam diskusi tentang budaya dan membuka ruang untuk pertukaran pandangan yang berharga.

Dr. Baso Pallawagau Ketua Jurusan BSA menyatakan, "Kunjungan budaya ini adalah bagian penting dari upaya kami untuk menggali lebih dalam kekayaan budaya Arab dan memperkuat hubungan antarbudaya. Kehadiran mahasiswa asing menambah warna pada diskusi kami, dan kami berharap dapat memperluas perspektif bersama."

Muhammad Sholeh menambahkan, "Melalui pertukaran budaya seperti ini, kita dapat memperkuat toleransi dan pemahaman antarbudaya. Kami berharap kunjungan ini akan menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara UIN Alauddin Makassar, IQLAB Indonesia, dan Program studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Fatah Palembang."

Kegiatan kunjungan budaya ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkaya keberagaman budaya serta memperkuat kerjasama.